MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BAHRULLAH, 084 083 330 (2013) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
Cover Dalam.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Bahrullah 2013: Manajemen Kepala Sekolah dalam pendidikan Karakter Melalui PAI Di SMA Arjasa Jember tahun pelejaran 2013/2014. Pada hakekatnya pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta mencerdaskan kehidupan peradaban bangsa yang bermartabat, berkarakter, dan mencerdasakan kehidupan berbangsa dan bernegara, secara oprasional pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, dan berkarakter, berahlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab baik terhadap dirinya sendiri, lingkungan, dan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan melihat realitas tentang moralitas bangsa Indonisia yang terjadi, pada saat ini sangat sungguh sangat memprihatinkan, seakan-akan jauh di cita-cita ideal fungsi dari tujuan pendidikan sendiri yang di laksanakn di Negara besra ini siasia dan atak ada gunanya, hal tersebut dibuktikan salah satunya bisa dilihat dari persoalan moralitas bangsa Indonesia yang pada saat ini sangat memprihatinkan dan telah mengalami degradasi moral, yakni krisis moralitas kemanusiaan yang melanda bangsa Indonesia. Melihat fenomena tersebut pendidikan karakter dinegara kita sangat penting mengingat bahwa proses pendidikan yang selama ini dilakukan dan dinilai belum sepenuhnya berhasil dalam membangun manusia Indonesia yang berkarakter, bermoral, dan berahlak mulia. Hal itu dapat dilihat seperti persoalan-persoalan yang telah digambarkan di atas. Pendidikan karakter merupakan pendidikan ihwal karakter atau pendidikan yang mengajarkan hakikat karakter dalam kegiatan ranah, cipta, rasa, dan karsa. Dari pejelasan ini, maka Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasi pendidikan karakter dengan penerapan pendidikan akhlak tentunya sangat penting dan strategis guna membangun karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan berprilaku baik sesama manusia dan lingkungan hidup. Tentunya pendidikan karakter tidak akan pernah berjalan secara optimal tanpa di topang dengan proses menejerial yang hadal khusunya managemen kepala sekolah. Begitupun SMA Arjasa yang menerapkan pendidikan karakter. SMA Negeri Arjasa merupakan lembaga yang tergolong sekolah maju yang berada di daerah jember, lembaga tersebut selalu mengupayakan untuk menerapkan atau melaksanakan pendidikan yang relevan terdap kondisi zaman, sepertihanya pada saat ini lembaga sekolah yang menerapkan pendidikan berkarakter. Tentunya penerapan pendidikan karakter dilaksanakan tidak terlepas dari pola Managemen Kepala Sekolah di SMA Negeri Arjasa Jember. Metode dan prosedur penelitian dalam skripsi ini meliputi pendekatan kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis datanya menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) serta Conclusion (kesimpulan) dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana managemen pembelajaran PAI berbasi pendidikan karakter di SMA Arjasa Jember ?, dan sub fokus penelitiannya yakni: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter di SMA Arjasa Jember ? , 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter di SMA Arjasa Jember ?, 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter di SMA Arjasa Jember ? Adapun tujuan umum dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Manajemen pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter di SMAN Arjasa Jember. Dan tujuan khusus dalam penelitian ini yakni: 1) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan perencanan pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter di SMAN Arjasa Jember 2) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan pelaksanaaan pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter di SMAN Arjasa Jember. 3) Untuk Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter di SMAN Arjasa Jember. Jadi dari hasil penilian yang telah di laksnakan mengaju terhadap temuan-temuan penelitian yang telah di sajiakan dan di bahas di bab VI, tentang managemen kepala sekolah dalam pendidikan karakter melalui PAI di SMA Arjasa Jember, maka dapat di simpulkan, bahwa kepala sekolah telah melaksanakan aktivitas menejerial di SMA Arjasa dengan di bantu bidang menejer sekolah dengan melakuan fungsi-fungsi manajemen seperti plening, organizing, actuating, dan kontroling (POAC). Fungsi ini di ejawantahkan menjadi tiga rumusan yakni perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter melalui PAI, pelaksanaan pendidikan karakter pendidikan karakter melalui PAI, dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:46
Last Modified: 25 Oct 2017 01:46
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item