PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Desa Sumberejo Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)

KHABIB ARWANI, 084114011 (2016) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Desa Sumberejo Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015). ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN habib.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I - hb.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II - hb.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III - hb.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV - hb.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V - hb.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
!! DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Arwani, Khabib. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat (Studi Kasus Di MA Nahdlatul Arifin). Masalah pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat, yaitu kurikulum Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan sesuai dengan kondisi masyarakat Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan masyarakat yang selalu mengalami perkembangan sehingga berbagai keadaan dan pola hidup masyarakat juga turut berubah. Dengan pengembangan kurikulum berbasis masyarakat diharapkan siswa nantinya dapat menjadi anggota masyarakat sesuai dengan kondisi dan harapan masyarakat serta siap menghadapi segala perkembangan. Namun karena pengembangan kurikulum ini melibatkan masyarakat terdapat beberapa kendala yang dihadapi, antara lain dukungan masyarakat yang kurang terhadap pengembangan kurikulum. Misalnya sikap yang menyerahkan semua urusan pendidikan pada lembaga/sekolah sehingga masyarakat kurang terlibat dan tidak dapat mengevaluasi proses pendidikan dengan maksimal. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Jember tahun pelajaran 2014/2015?. sedangkan yang sub fokus masalahnya adalah: (1) Bagaimana perencanaan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin?; (2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo ?; (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengembangan kurikulum pendidikan agama islam berbasis masyarakat di Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Jember tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan khusus penelitian ini terdiri atas (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo; (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo; (3) Untuk mendiskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif teknik pengumpulan data, menggunakan observasi partisipasif, interview bebas terpimpin dan dokumentasi. analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode/teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa pengembangan kurikulum PAI berbasis masyarakat di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu dinilai berhasil meskipun belum maksimal.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN KURIKULUM
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:04
Last Modified: 30 Oct 2017 02:04
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item