PENERAPAN PEMAKNAAN ARAB PEGON KITAB TAKLIMUL MUTA`ALIM DI MADIN TAKMILIYAH NAHDLATUTH THALABAH, WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MUHAMMAD FIKRI SYAIFUL LAILI, 084121398 (2016) PENERAPAN PEMAKNAAN ARAB PEGON KITAB TAKLIMUL MUTA`ALIM DI MADIN TAKMILIYAH NAHDLATUTH THALABAH, WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Muhammad Fikri Syaiful Laili,2016 : Penerapan Pemaknaan Arab Pegon Kitab Taklimul Muta`alim Di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah ,Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan pemahaman santri dan diperlukan adanya totalitas kinerja guru/ustadz, untuk mendukung keberhasilan pendidikan sebagai faktor penentu tercapainya tujuan pembangunan nasioanal. Oleh karena itu, dunia pendidikan membutuhkan pendidik yang professional dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini berkenaan dengan aspek individual peserta didik yang pada dasarnya berbeda-beda, sehingga guru/ustadz hendaknya mampu mengenali dan mengembangkan kemampuan serta meningkatkan pemahaman masing-masing individu sesuai dengan karakternya. Pemaknaan arab pegon merupakan kegiatan belajar santri dengan cara memaknai kitab kuning arab menggunakan bahasa jawa yang ditulis menggunakan huruf arab dengan cara mendengarkan seorang ustadz/kyai yang membacakan makna kitab kuning. Dengan penerapan arab pegon diharapkan dapat meningkatkan pemahaman santri seperti pemahaman kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena pembelajaran dapat dimaknai sebagai tahapan perubahan perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik yang terjadi dalam diri peserta didik termasuk santri. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan pemaknaan arab pegon kitab Taklimul Muta`alim di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana evaluasi penerapan pemaknaan arab pegon kitab Taklimul Muta`alim di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2015/2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan penerapan pemaknaan arab pegon kitab Taklimul Muta`alim di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi penerapan pemakaan arab pegon kitab Taklimul Muta`alim di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang meliputi trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan penerapan pemaknaan arab pegon kitab taklimul muta`alim di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah selama proses pembelajaran berlangsung dengan baik, santri memaknai kitab menggunakan arab pego dengan menggunakan ruju` serta singkatan singkatan tertentu untuk memepermudah dalam memakanai dan memahami kitab Taklimul Muta`alim. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan arab pegon dialaksanakan dengan cara bandongan, yaitu dimana ustadz membacakan isi kitab menggunakan makna jawa viii atau makana gandul arab pegon kemudian santri menulis makna sesuai yang di bacakan oleh ustadznya. Serta dengan cara sorogan, yaitu santri membaca kitab Ta`limul Muta`alim yang telah mereka maknai di hadapan ustadz secara bergantian, sehingga santri mampu memahami dan mengerti kitab yang mereka pelajari. 2) Evaluasi pembelajaran penerapan pemaknaan arab pegon kitab Ta`limul Muta`alim menggunakan evaluasi formatif dan sumatif, evaluasi formatif meliputi siswa bergiliran membaca kitab Taklimul Muta`alim yang telah mereka maknai menggunakan ruju` yang disesuaikan dengan marje`nya dan singkatan-singkatan yang ada serta ustadz memberikan kesempatan santri setiap akhir pembelajaran untuk bertanya atau sebaliknya ustadz yang memberikan pertanyaan kepada santri terkait pelajaran yang dipelajari. Sedangkan evaluasi Sumatif meliputi ujian tengah semester yang dilaksanakan di pertengahan semester dimana santri mengerjakan soal essay dan ujian akhir semester yaitu santri mengerjakan soal pilihan ganda, evaluasi yang disajikan menggunakan bahasa huruf arab pegon secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PEMAKNAAN ARAB PEGON
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:47
Last Modified: 31 Oct 2017 02:47
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item