IMPLEMENTASI METODE PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RONY CAHYADI, 084 111 043 (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isipdf.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1V.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Rony Cahyadi, 2016: Implementasi Metode Pembinaan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengembangan pendidikan karakter dibagi dalam empat pilar, yakni kegiatan belajar mengajar dikelas; kegiatan keseharian dalam bentuk pengembangan budaya satuan pendidikan; kegiatan ko-kulikuler; serta kegiatan keseharian di rumah dan masyarakat. Dalam prakteknya penerapan pengembangan pendidikan karakter lebih banyak dilakukan di dalam kelas, karena kelas merupakan tempat siswa mendapatkan suatu pengetahuan baru. Selain didalam kelas kegiatan ko-kulikuler adalah media yang berpotensi untuk pembinaan karakter siswa, salah satunya yaitu pembinaan karakter melalui kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS), dimana OSIS merupakan wadah bagi siswa untuk menanamkan suatu karakter dan mengembangkan potensi serta prestasi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode keteladanan dalam pembinaan karakter siswa melalui kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan karakter siswa melalui kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana implementasi metode ikon dan afirmasi dalam pembinaan karakter siswa melalui kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini mengguanakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Implementasi metode keteladanan melalui kegiatan OSIS di MTs Negeri 2 Jember dilaksanakan dengan kegiatan, berupa: a. Keteladanan disengaja (berpakaian rapi; menjunjung nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan ketua OSIS dan pengurus kelas; kerja bakti/gotong royong; bersikap ramah dan saling tegur sapa); b. Keteladanan tidak disengaja antara lain: berbicara sopan; bersikap empati sesama teman. 2) Implementasi metode pembiasaan melalui kegiatan OSIS di MTs Negeri 2 Jember berdasarkan program kerja yang telah ditetapkan. Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut, yaitu: a. kegiatan rutin (shalat dhuhur berjamaah, upacara bendera hari Senin, kerja bakti bersama/Jumat bersih, memperingati hari besar islam); b. kegiatan spontan (pembentukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, berbicara sopan). 3) Implementasi metode ikon dan afirmasi melalui kegiatan OSIS di MTs Negeri 2 Jember yaitu dengan adanya gambar dan kalimatkalimat positif yang dibuat OSIS MTs Negeri 2 Jember dan ditempelkan di tembok serta mading sekolah

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMBINAAN KARAKTER SISWA
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:42
Last Modified: 01 Nov 2017 01:42
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item