PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA SEWA RUMAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM DI LINGKUNGAN KARANG MLUWO KELURAHAN MANGLI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016

KIKI APRILIA TININGSIH, 083 112 013 (2016) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA SEWA RUMAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM DI LINGKUNGAN KARANG MLUWO KELURAHAN MANGLI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Kiki Aprilia, 2016: “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Sewa Rumah Perspektif Hukum Ekonomi Islam di Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2015/ 2016” Pemberdayaan merupakan suatu bentuk usaha dari masayarakat untuk keluar dari kemiskinan melalui usaha mandiri dengan memanfaatkan peluangpeluang yang ada dan membuka berbagai usaha-usaha, baik usaha kuliner maupun usaha property dan salah satunya yakni usaha sewa rumah. Usaha sewa rumah merupakan usaha yang sangat visioner yang mana akan terus berkelanjutan dari tahun ke tahun bahkan dari generasi ke generasi akan datang, karena daerah Lingkungan Karang Mluwo terletak dekat dengan Lembaga Perguruan Tinggi Islam terbaik di Jember yakni IAIN Jember, tiap tahunnya menerima ribuan, dari mahasiswa-mahasiswi baik dari dalam kota maupun luar kota. Sehingga terdapat banyak peluang lapangan pekerjaan yang dapat diwujudkan bagi warga di Lingkungan Karang Mluwo untuk memberdayakan diri, dengan tujuan agar memperoleh kesejahteraan. Hal ini dibuktikan dengan adanya usaha sewa rumah yang menurut warga masyarakat Lingkungan Karang Mluwo dapat mensejahterakan perekonomian mereka. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yakni: 1). Bagaimana bentuk transaksi usaha sewa rumah di Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2). Bagaimana Strategi yang digunakan Masyarakat Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember untuk memberdayakan ekonomi masyarakat? 3) Apakah usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat di Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember sesuai dengan Hukum Ekonomi Islam? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan bentuk transaksi usaha sewa rumah yang dilakukan oleh masyarakat, mendiskripsikan srtategi yang digunakan dalam memberdayakan ekonomi dan mendiskripsikan apakah usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat sesuai dengan hukum ekonomi islam Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Kualitatif yang bersifat deskriptif, melalui field research ( penelitian lapangan) untuk menganalisis hukum islam terhadap usaha pemeberdayaan masyarakat yang dilakukan masyarakat lingkungan Karang Mluwo. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi Kesimpulan yang diperoleh adalah : 1). Bentuk usaha sewa rumah yang dilaksanakan sangat beragam, dari mulai bentuk, tata cara system pengontrakannya,aqad, sampai pada system pembayaran. 2). Strategi,yakni dengan berwirausaha usaha kecil seperti sewa rumah. 3). Usaha pemberdayaan ekonomi sesuai dengan hukum ekonomi islam, dibuktikan dari aqad yang digunkan adalah ijarah.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMBERDAYAAN EKONOMI
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180124 Property Law (excl. Intellectual Property Law)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:39
Last Modified: 07 Nov 2017 02:39
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item