PEMBIAYAAN HUNIAN SYARIAH MENURUT MADZHAB SYAFI’I (Studi Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Pasuruan)

SITI BADRIYAH, 083112012 (2016) PEMBIAYAAN HUNIAN SYARIAH MENURUT MADZHAB SYAFI’I (Studi Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Pasuruan). ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Badriyah, 2015: Pembiayaan Hunian Syariah Menurut Madzhab Syafi’i (Studi Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Pasuruan). Pembiayaan adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil. Sedangkan pembiayaan Kongsi Pemilikan Rumah (KPR) merupakan fasilitas pembiayaan kepemilikan hunian sesuai dengan prinsip syariah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apa saja bentuk pembiayaan hunian syariah di Bank Muamalat Cabang Pembantu Pasuruan? 2). Bagaimana pelaksanaan akad dalam produk pembiayaan hunian syariah pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Pasuruan menurut madzhab Syafi’i? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk pembiayaan hunian syariah serta bagaimana pelaksanaan akad dalam produk pembiayaan hunian syariah tersebut pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Pasuruan menurut madzhab Syafi’i. Untuk meneliti permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatf dengan jenis deskriptif, menggambarkan bagaimana pembiayaan hunian syariah di Bank Muamalat Cabang Pembantu Pasuruan menurut madzhab Syafi’i. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terpimpin, dokumentasi dan observasi partisipatif. Sedangkan dalam menentukan sumber data peneliti menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Yang dipertimbangkan peneliti dalam hal ini adalah orang yang paling tau dengan yang diteliti oleh peneliti yaitu tentang produk pembiayaan hunian syariah. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1). Bentuk pembiayaan hunian syariah di Bank Muamalat Pasuruan ada dua, yaitu KPR iB Kongsi dan KPR iB Pembelian. Adapun KPR iB Kongsi menggunakan akad musyarakah mutanaqishah, sedangkan KPR iB Pembelian menggunakan akad murabahah; 2). Dalam mengajukan pembiayaan Kongsi Pemilikan Rumah (KPR) ada beberapa tahap yang harus dilalui, antara lain nasabah mengajukan ke bank, memilih akad, memenuhi persyaratan, proses analisa oleh pihak bank, keputusan dari analisa tersebut, penandatangan perjanjian notaris kemudian pencairan. Adapun akad yang digunakan dalam pembiayaan hunian syariah tersebut yakni murabahah dan musyarakah mutanaqishah keduanya sesuai dengan ketentuan madzhab Syafi’i

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMBIAYAAN HUNIAN SYARIAH
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180117 International Trade Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 09 Nov 2017 01:44
Last Modified: 09 Nov 2017 01:44
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item