Analisis resepsi masyarakat terhadap program berita pojok kampung di JTV: Studi masyarakat Jawa Timur terhadap bahasa Suroboyoan dalam program berita pojok kampung JTV

Trisnanto, Rurut Wahyu (2015) Analisis resepsi masyarakat terhadap program berita pojok kampung di JTV: Studi masyarakat Jawa Timur terhadap bahasa Suroboyoan dalam program berita pojok kampung JTV. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img]
Preview
Text
Rurut Wahyu Trisnanto_NIM.082111027.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahasa dalam progam berita Pojok Kampung terdengar berbeda dengan umum nya berita yang menggunakan bahasa formal atau bahasa Indonesia. Bahasa dalam berita tersebut menggunakan bahasa Suroboyoan yang merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Surabaya. Bahasa Suroboyoan merupakan salah satu bentuk budaya dari masyarakat Jawa Timur yang perlu dilestarikan. Hal ini merupakan salah satu alasan JTV untuk memproduksi sebuah progam berita yang menggunakan bahasa Suroboyoan yaitu Pojok Kampung dengan tujuan melestarikan budaya Jawa Timur. Munculnya progam berita tersebut menjadi menarik perhatian penonton terutama pada penggunaan bahasanya. Tidak sedikit penonton mengeluhkan bahwa bahasa yang digunakan terkesan kasar dan vulgar. Hal ini menimbulkan kontroversi bagi masyarakat yang menontonnya. Fokus penelitian ini berfokus pada analisis resepsi dari masyarakat Jawa Timur terhadap penggunaan bahasa Suroboyoan Pojok Kampung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi masyarakat Jawa Timur terhadap penggunaan bahasa Suroboyoan dalam progam Pojok Kampung JTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tataran analisis deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (Depth Interview) dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu seratus orang yang merupakan bagian dari masyarakat Jawa Timur. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil resepsi informan yang merupakan bagian dari masyarakat Jawa Timur masing-masing tidak selalu sama. Sesuai fokus yang ditentukan peneliti terhadap kata, kalimat, isi pernyataan, sebagian informan memberikan pandangan terhadap Pojok kampung bahwa istilah yang dipakai terkesan vulgar. Informan banyak mengeluhkan istilah-istilah kata yang baru, yang tidak mencerminkan bahasa Jawa dan merupakan visual description yang menggambarkan secara detail dari sebuah objek sehingga kosakata tersebut tidak pantas ditampilkan, banyak pemaknaan yang berbeda dari berbagai informan. Sedangkan untuk penggunaan kalimat dan isi pernyataan yang disampaikan oleh Pojok Kampung, sebagian besar informan dapat memahami kalimat dan isi pernyataan, meskipun terdapat beberapa informan yang menganggap terlalu berlebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis resepsi, berita, Suroboyoan
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 19 Mar 2019 04:30
Last Modified: 20 Mar 2019 02:52
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item