Pemberdayaan ekonomi masyarakat: studi kasus pada PNPM Mandiri Pedesaan Desa Curahmalang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember) tahun 2013-2014

Aqdian, Rifqi (2015) Pemberdayaan ekonomi masyarakat: studi kasus pada PNPM Mandiri Pedesaan Desa Curahmalang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember) tahun 2013-2014. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img]
Preview
Text
Aqdian Rifqi_NIM.083092007.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2007 pemerintah Indonesia mulai mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan adalah program untuk mempercepat dalam menanggulangi masalah kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. PNPM Mandiri Perdesaan merupakan pengembangan dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK), yang selama berjalannya program tersebut dinilai berhasil. Beberapa keberhasilan dari PPK diantaranya adalah menyediakan lapangan kerja dan pendapatan bagi masyarakat yang miskin, efisiensi dan efektivitas kegiatan, serta berhasil menumbuhkan kebersamaan dan partisipasi masyarakat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pemberdayaan ekonomi masyarakat pada PNPM Mandiri Perdesaan Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember? Untuk Sub Pokok Masalahnya adalah: a) Bagaimana strategi pemberdayaan ekonommi masyarakat pada PNPM Mandiri Perdesaan Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember? b) Apa saja kendala yang dihadapi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat pada PNPM Mandiri Perdesaan Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember? c) Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala yang ada pada pemberdayaan ekonomi masyarakat pada PNPM Mandiri Perdesaan Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember? Peneliti ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada PNPM Mandiri Perdesaan Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember 2013-2014 Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan metode pengumpulan datanya meliputi : metode obsevasi, interview dan dokumentasi penentuan informasi dengan menggunakan teknik purposiv sampling. Adapun analisa datanya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa permasalahan yang biasanya muncul lebih sering pada saat perekrutan kader, yaitu kader pada umumnya adalah karena kader merupakan tenaga sukarela yang tidak jarang juga sudah mempunyai pekerjaan yang tetap. Serta banyak masyarakat yang masih belum mengerti tujuan dari PNPM Mandiri Perdesaan sehingga masyarakat kurang begitu memperhatikan atau bahkan tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh PNPM Mandiri Perdesaan. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan program-program yang telah direncakan dalam musyawarah sebelumnya. Penanganan permasalahan program akan dikoordinasikan secara bertahap yaitu dengan melakukan klarifikasi terhadap pengaduan masalah, mengadakan pertemuan dengan masyarakat desa, menyampaikan informasi mengenai pengaduan masalah, menyampaikan hasil klarifikasi dan memastikan hasil klarifikasi dengan peserta pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Masyarakat, PNPM Mandiri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:39
Last Modified: 18 Jun 2019 06:39
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item