Analisis pengendalian risiko kesehatan dan kecelakaan kerja studi di Perusahaan Rokok (PR) Gagak Hitam Bondowoso

Devia, Iriana (2015) Analisis pengendalian risiko kesehatan dan kecelakaan kerja studi di Perusahaan Rokok (PR) Gagak Hitam Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img]
Preview
Text
Devia Iriana_NIM.083112052.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesehatan dan kecelakaan kerja merupakan permasalahan pemerintah, pengusaha, dan pekerja diseluruh dunia. Sementara beberapa industri bersifat lebih berbahaya dari industri yang lain, kelompok pekerja migran dan pekerja berpenghasilan kecil yang lain lebih banyak dihadapkan pada risiko mengalami kecelakaan-kecelakaan akibat kerja dan kesehatan yang kurang baik, karena kemiskinan seringkali memaksa mereka untuk menerima pekerjaan yang tidak aman. Di Indonesia terjadi 95.418 kecelakaan kerja.Dari hal itulah penting adanya manajemen risiko. Perusahaan Rokok (PR) Gagak Hitam merupakan sebuah perusahaan yang sedang berkembang. Pada PR. Gagak Hitam jika ada karyawan yang sakit hanya dibawa ke puskesmas. Namun ada juga karyawan yang sakit ditanya hendak diantar pulang atau ke puskesmas. Karyawan yang meminta pulang akan diantar pulang oleh perusahaan. Kebanyakan karyawan tidak memakai masker saat bekerja. Sedangkan perusahaan rokok identik dengan baubauan yang menyengat yang dapat menganggu pernafasan. Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya adalah 1)Bagaimana identifikasi risiko kesehatan dan kecelakaan kerja di PR. Gagak Hitam Bondowoso? 2)Bagaimana penilaian risiko kesehatan dan kecelakaan kerja di PR. Gagak Hitam Bondowoso? 3)Bagaimana upaya pengendalian risiko kesehatan dan kecelakaan di PR. Gagak Hitam Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mendeskripsikan identifikasi risiko kesehatan dan kecelakaan kerja di PR. Gagak Hitam Bondowoso. 2)Untuk mendeskripsikan penilaian risiko kesehatan dan kecelakaan kerja di PR. Gagak Hitam Bondowoso. 3)Untuk mendeskripsikan upaya pengendalian risiko perusahaan terhadap risiko kesehatan dan kecelakaan kerja di PR. Gagak Hitam Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di PR. Gagak Hitam Bondowoso. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Dengan fokus penelitian di atas, memperoleh hasil penelitian: 1) Risiko kesehatan berasal dari faktor yakni biologis, fisik, kimia, fisiologis dan psikologis. Sedangkan risiko kecelakaan kerja berasal dari manusia, peralatan dan kondisi kerjanya.2)Penilaian risiko kesehatan dan kecelakaan kerjatergolong unlikely dan minor. 3) Pengendalian risiko: mesin jika tembakau habis mesin akan mati, pembatas pada ruang SKM selain karyawan dilarang memasuki ruangan, pemantauan mesin tehadap mesin dilakukan tiap hari sebelum mesin digunakan dilakukan pemeriksaan tehadap mesin tersebut, agar pada saat mesin digunakan tidak terjadi kendala apapun, memilih karyawan yang ahli dalam menggunakan mesin, penyediaan P3K, penyediaan transportasi kesehatan dan BPJS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan, Kecelakaan Kerja, Perusahaan
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111705 Environmental and Occupational Health and Safety
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:37
Last Modified: 19 Jun 2019 03:37
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item