Pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan: studi kasus pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Jember

Fiqi, Fadhilatul Maghfiroh (2015) Pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan: studi kasus pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img]
Preview
Text
Fiqi Fadhilatul Maghfiroh_NIM.083112106.pdf - Accepted Version

Download (836kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan karyawan yang efektif melalui cara peningkatan keterampilan dan keahlian karyawan atau peningkatan kompetensi dan iklim organisasi juga memberikan kesempatan pada karyawan untuk dapat meningkatkan presta si kerja dan berkembang lebih maju apabila kompetensi dan iklim organisasi diberikan secara tepat da n peningkatan kompetensi disesuaikan dengan pendidikan yang dimiliki oleh karyawan diharapkan karyawan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, produktifitas kerja meningkat dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan maka hal ini akan mempertimbangkan adanya kecenderungan semangat kerja yang tinggi dan juga meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Fokus Penelitian dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :1) Adakah pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan (studi kasus pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Jember)? Seberapa besar pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan (studi kasus pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Jember)? Tujuan Penelitian dalam penulisan ini adalah untuk mendekripsikan adakah pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan dan seberapa besar pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner yang diberikan kepada seluruh karyawa PT. Bank BRISyariah Cabang Jember dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu semua populasi dijadikan sampel sebanyak 24 karyawan dan kemudian di analsis dengan pendekatan kuantitatif yang meliputi : Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, serta Uji t. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan hasil yaitu Y= 9,995 + 0,260X. Artinya, konstanta (α) sebesar 9,995, menyatakan bahwa jika variabel (x)= kompetensi adalah konstan maka nilai variabel (y)= kinerja yaitu 9,995 dan koefisien regresi kompetensi (x) sebesar 0,260 menyatakan jika variabel kompetensi (x) bertambah satu kesatuan maka variabel kinerja (y) akan bertambah sebesar 0,260. Uji t dengan hasil hitung >ttabel atau 1,995 > 1,71088, artinya Ho ditolak dan Ha diterima atau kompetensi (pengetahuan dan keterampilan) berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Karena terdapat pengaruh, sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi kompetensi maka semakin tinggi pula kinerja itu terbukti. Besaran pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan di PT. Bank BRI Syariah Cabang Jember, berdasarkan uji R Square, menghasilkan nilai pengaruhhanya sebesar 0,115. Hal ini berarti hanya 11,5% pengaruh terhadap kinerja (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel independent yaitu kompetensi. Sedangkan sisanya (100% - 11,5% = 88,5%), dengan hasil 88,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor lain yang mempengaruhi kinerja yaitu reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kinerja Karyawan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 20 Jun 2019 02:21
Last Modified: 20 Jun 2019 02:21
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item