Penyelesaian wanprestasi dalam pembiayaan murabahah di lembaga mikro syariah: studi kasus BMT Sidogiri Cabang Wirolegi

Haris, Suhud (2015) Penyelesaian wanprestasi dalam pembiayaan murabahah di lembaga mikro syariah: studi kasus BMT Sidogiri Cabang Wirolegi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Haris Suhud_NIM.083102031.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

BMT sesuai namanya terdiri dari dua fungsi utama yaitu Baitul mal wat Tamwil (Rumah Pengembangan Harta) melakukan usaha-usaha produktif dan infestasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro, antara lain mendorong kegiatan menabung dan menyalurkan dana. Penyaluran dana adalah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh BMT Sidogiri Cabang Wirolegi, Pemberian pembiayaan yang tertuang dalam suatu perjanjian, sebelum melakukan transaksi antara pihak BMT dan nasabah selalu membuat kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak dan kesepaktan tersebut tertuang dalam sebuah akad pembiayaan seperti murabahah. Dengan demikian keduanya telah terikat dalam satu perjanjian atau hukum yang telah dibuat bersama, akan tetapi didalam perjanjian tersebut terkadang nasabah cedera janji (Wanprestasi) atas perjanjian yang telah dibuatnya, sehingga BMT harus berusaha keras mengatasi kasus wanprestasi, BMT Sidogiri berasal dari pondok pesantren Sidogiri yang karyawanya adalah para alumni santri Sidogiri, apakah ada kaitanya penyelesaian Wanprestasi dengan status mereka sebagai santri? Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana mekanisme pembiayaan murabahah di BMT Sidogiri Cabang Wirolegi Dan sub masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apa saja faktor-faktor terjadinya Wanprestasi dalam pembiayaan murabahah di BMT Sidogiri Cabang Wirolegi 2) Bagaimana penyelesaian wanprestasi dalam pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Cabang Wirolegi Tujuan penelitian ini secara umum adalah 1). Untuk mengetahui mekanisme pembiayaan murabahah di BMT Sidogiri. untuk mengetahui penyelesaian Wanprestasi dalam pembiayaan murabahah di BMT Sidogiri Cab. Wirolegi. Sedangkan secara khusus adalah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor terjadinya Wanprestasi di BMT Sidogiri Cabang Wirolegi. 2) untuk mengetahui penyelesaian Wanprestasi dalam pembiayaan murabahah di Sidogiri Cab. Wirolegi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif , maka dalam pengumpulan datanya menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan melakukan pengecekan keabsahan data melalui beberapa sumber. Hasil dari penelitian ini BMT Sidogiri Cabang Wirolegi dalam mekanisme pembiayaan murabahah BMT sebagai penjual dan nasabah sebagai pembeli ditambah keuntungan yang disepakati, sedangkan faktor faktor Wanprestasi berasal dari interen yaitu berasal dari pihak BMT yang kurang teliti dalam menilai nasabah dan eksteren yaitu berasal dari nasabah dikarenakan beberapa faktor, yaitu nasabah tidak amanah dan kebangkrutan dari nasabah tersebut. BMT dalam menyelesaikan kasus Wanprestasi yaitu dengan sistem kekeluargaan, artinya pihak BMT mengutamakan nilai-nilai kesantrianya yaitu menggunakan ahlaqurkarimah yang baik tidak menggunakan kekerasan dan paksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Pembiayaan Murabahah, Lembaga Mikro Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:01
Last Modified: 20 Jun 2019 03:01
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item