Strategi pemasaran produk Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Sidogiri Stand Pasar Gebang Jember dalam menghadapi minimnya pengetahuan konsumen

Heru, Dwi Cahyono (2015) Strategi pemasaran produk Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Sidogiri Stand Pasar Gebang Jember dalam menghadapi minimnya pengetahuan konsumen. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Heru Dwi Cahyono_NIM.083102050.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah, BMT dipercaya lebih mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain yang beroperasi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan itu diperlukan keja keras untuk mewujudkannya. Namun, disamping prestasi tersebut masih ada kendala yang perlu diatasi oleh pihak BMT. Persoalan mengenai pengetahuan masyarakat tentang produk-produk perbankan syari’ah. Karena BMT sendiri dapat dibilang masih baru di Indonesia dibandingkan dengan lembaga keuangan yang berprisip konvensional yang mulai dulu masuk sejak zaman jajahan Belanda. Tentunya konsep serta pemahaman produk-produk konvensional masih melekat dikalangan masyarakat Indonesia. Konsep bunga lebih dikenal masyarakat dari pada konsep bagi hasil yang menjadi ciri khas BMT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “BagaimanastrategipemasaranprodukBMT Sidogiri Stand Pasar Gebang terhadapminimnyapengetahuankonsumen. Dan sub pokok masalah adalah bagaimana strategi promosi produk BMT yang dalam menghadapi minimnya pengetahuan konsumen dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minimnya pengetahuan konsumen”. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran produk Baitul Mal Wa tamwil (BMT) Stand Pasar Gebang Jember dalam menghadapi minimnya pengetahuan konsumen. Untuk mengetahui dan mndeskripsikan strategi promosi produk BMT dalam menghadapi minimnya pengetahuan konsumen. Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minimnya pengetahuan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data : observasi, interview, dokumentasi. Metode informan menggunakan teknik purposive. Adapun analisis datanya menggunakan deskriftif kualitatif. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber yaitu pengecekan keabsahan data melalui sumber yang lain/dilaur data. Berdasarkan hasil temuan data, penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Stand Pasar Gebang dengan memanfaatkan beberapa variabel yang ada pada strategi promosi. Yaitu lebih menekankan pada kreatifitas dari setiap karyawannya dalam mengenalkan produk BMT khususnya kepada masyarakat awam yang masih minim pemahamannya dalam menyikapi produk BMT. Selain itu penelitian ini menyimpulkan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengetahuan serta pemahaman konsumen diantaranya faktor geografis/lingkungan, pendidikan, pekerjaan, serta sumber informasi yang didapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pengetahuan Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 25 Jun 2019 02:46
Last Modified: 25 Jun 2019 02:46
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item