Peranan Bank Indonesia (BI) terhadap perkembangan bank syariah di Kota Denpasar-Bali setelah adanya Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ketut, Zakiah (2015) Peranan Bank Indonesia (BI) terhadap perkembangan bank syariah di Kota Denpasar-Bali setelah adanya Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img]
Preview
Text
Ketut Zakiah_NIM.083102085.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Indonesia adalah lembaga negara yang bertugas untuk mengatur, mengkoordinasi, mengawasi serta memberikan tindakan kepada dunia perbankan. Bank Indonesia juga mengurus dana yang dihimpun dari masyarakat agar disalurkan kembali ke masyarakat benar-benar efektif penggunaannya sesuai dengan tujuan pembangunan. Kemudian sejak tanggal 31 Desember 2013 kegiatan pengaturan dan pengawasan perbankan beralih dari Bank Indonesia kepada Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011. Dari gambaran diatas, maka penelitian ini akan membahas tentang peranan Bank Indonesia terhadap perkembangan bank syariah di Kota Denpasar-Bali setelah adanya Otoritas Jasa Keuangan yang titik fokus pembahasannya adalah menerangkan tentang bentuk pengaturan dan pengawasan Bank Indonesia Denpasar terhadap penghimpunan dana bank syariah, bentuk pengaturan dan pengawasan Bank Indonesia Denpasar terhadap penyaluran dana bank syariah serta bentuk pengaturan dan pengawasan Bank Indonesia setelah adanya Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Bank Indonesia terhadap perkembangan bank syariah di Kota Denpasar setelah adanya Otoritas Jasa Keuangan dan tujuan khususnya adalah ingin mendeskripsikan pengaturan dan pengawasan Bank Indonesia terhadap penghimpunan dana bank syariah di Kota Denpasar-Bali, mendeskripsikan pengaturan dan pengawasan Bank Indonesia terhadap penyaluran dana bank syariah di Kota Denpasar-Bali serta ingin mendeskripsikan bentuk pengaturan dan pengawasan Bank Indonesia setelah adanya Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, penentuan informan dengan menggunakan tehnik purposive. Adapun analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi Bank Indonesia yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi bank. Selain itu bank Indonesia juga menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) dan Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) yang didalamnya membahas tentang pengaturan serta pengawasan terhadap penghimpunan dan penyaluran dana pada bank syariah khususnya di kota Denpasar. Kemudian pengaturan dan pengawasan terhadap perbankan syariah tersebut beralih dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan yang membuat peranan Bank Indonesia (BI) selanjutnya adalah berfokus kepada melaksanakan kebijakan moneter diantara mencakup macro-prudential.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank Indonesia, Bank Syariah, Otoritas Jasa Keuangan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:19
Last Modified: 25 Jun 2019 03:19
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item