Pancasila dan pemaknaan nilai spiritualitas; aktualisasi pancasila dalam pendidikan agama sebagai dialektika logis menyemai kesadaran berbangsa generasi milenial

Akhiyat, Akhiyat (2019) Pancasila dan pemaknaan nilai spiritualitas; aktualisasi pancasila dalam pendidikan agama sebagai dialektika logis menyemai kesadaran berbangsa generasi milenial. In: SEMINAR NASIONAL “PENGUATAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA GENERASI MUDA MELALUI MULTIDISIPLIN ILMU”, 14 November 2018, Universitas Negeri Malang.

[img] Text
Prosiding Seminar Nasional P2KBKU, LP3, UM, 2019.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bukanlah perkara mudah. Semua komponen bangsa harus mengerahkan seluruh tenaganya demi keutuhan, kedamaian, dan ketentraman negeri yang dicintainya. Mulai dari pemerintah, masyarakat, dan warganegranya seyogyanya diharapkan mampu memelihara dan menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat dan bernegara. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat, dalam hal ini seorang pendidik dengan mengaktualisasikan nilai-nilai spiritualitas pancasila kepada generasi milenial atau generasi muda melalui pendidikan agama. Ajaran agama yang diajarkan para pendidik harus dapat diterjemahkan sesuai konteks kekinian, dapat didialektikakan secara rasional untuk menyemaisuburkan ketertarikan dan kecintaan generasi milenial terhadap bangsanya, Bahwa warisan leluhur yang telah ribuan tahun silam berupa nilai-nilai spiritualitas, tradisi, dan budaya, setidaknya dapat terawat dan dilestarikan sepanjang hayat sesuai konteks zaman. Motivasi dan semangat optimisme ini harus terus ditumbuhkan, agar generasi milenial tidak tergerus dan terjangkiti virus pemikiran menyesatkan. Apabila pemikiran-pemikiran menyesatkan yang bertubi-tubi merasuki pemikiran generasi milenial selama ini dapat dibendung secara dini, ke depan Indonesia akan mampu terawat, terbebas dari konflik bersaudara. Kedamaian dan kehidupan harmonis yang selama ini terjaga akan tetap lestari.

Item Type: Conference Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: Prosiding, Pancasila, Spiritualitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:49
Last Modified: 14 Aug 2019 08:49
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item