METODE PEMBELAJARAN DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) RAUDLATUL MUNA DESA KERTONEGORO KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBERTAHUN PELAJARAN 2015/2016

IlD NURWAHDATUL ROSITA, 084 091 088 (2016) METODE PEMBELAJARAN DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) RAUDLATUL MUNA DESA KERTONEGORO KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBERTAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK lid Nurwahdatul Rosita, 2016: Metode Pembelajaran Dirosa ti Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Af-Qur 'an di Taman Pendidikan-Al Qur 'an (TPQ) Raudlatul Muna Desa Kertoneegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 201512016 Al-Qur'an merupakan anugerah yang diberikan kepada kita umat Islam sebagai anugerah. Allah memberikan banyak kemudahan bagi yang mau mernpelajarinya. Baik dari segi membaca, menghafal, tafsir, dan berbagai bidang keilmuan lainnya. Al-Qur'an juga merupakan finnan Allah yang mengandung petunjuk dan memberi bimbingan kepada umat manusia di dalam menempuh perjalanan hidup, agar selamat didunia dan akhirat. Untuk itulah, tiada ilmu yang lebih utama untuk dipelajari oleh seorang muslirn melebihi keutamaan mempelajari Al-Qur'an. TPQ Raudlatul Muna adalah salah satu TPQ yang berada di Desa Kertonegoro Kecarnatan Jenggawah Kabupaten Jember yang menggunakan metode pembelajaran Dirosati, dengan menggunakan metode ini TPQ Raudlatul Muna berkembang pesat sejak tahun 2005 sampai sekarang dengan jumlah santri kurang lebih 150 santri. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran Dirasati dalam rneningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan .Jenggawah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana pelaksanaan metode pernbelajaran Dirasati dalam meningkatkan kemampuan mernbaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten ]ember tahun pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana evaluasi metode pembelajaran Dirasati dalam meningkatkan kemampuan rnembaca Al- Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jernber tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian dalarn skripsi ini adalah: I) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode pernbelajaran Dirasati dalarn rneningkatkan kernampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecarnatan Jenggawah Kabupaten Jernber tahun pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran Dirasati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode pemb elajaran Dirasati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Raudlatul Muna Desa Kertonegoro Kecamatan .Jenggawah Kabupaten .Jember tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian dalam penelitian INI purposive sampling, dan untuk rnendapatkan data mengenai penelitian ini peneliti rnenggunakan rnetode pengumpulan data berupa observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan untuk menguj i keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.Penelitian 1111 mern peroleh kesirnpu Ian: 1) Perencanaan metode pembelajaran Dirasati dalarn meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an, adapun hal yang direncanakan dalam pembelajaran Al-Qur'an antara lain: materi, metode dan media. Melalui metode ini dapat memberikan pengetahuan dan cepat tanggap dalam mernbaca Al-Qur'an bagi santri. 2) Pelaksanaan metode pembelajaran Dirasati clalarn meningkatkan kemampuan mernbaca Al-Qur'an, dalam pelaksanaan pernbelajaran, ustadz-ustadzah rnelaksanakan proses pembelajaran dengan berpedornan pada persiapan rnengajar yang telah dibuat. Pernberian bahan pelajaran disesuaikan dengan urutan yang telah diprogramkan secara sistematis dalam tahap persiapan. Dalam proses pernbelajaran meski persiapan mengajar telah clipersiapkan sebagai langkah awal, namun guru tetap rnemperhatikan prinsip-prinsip mengajar dan mencapai target yang ada pada pedornan rnetode Dirosati. 3) Evaluasi metode pernbelajaran Dirasati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran rnenggunakan evaluasi formatif, sumatif clan diagnostik, Evaluasi formatif yaitu evaluasi yang dilakukan selama pelajaran berlangsung dan bisa dengan cara informasi umpan balik dari guru atau siswa. Evaluasi evaluasi surnatif yaitu evaluasi yang dilakukan pada akhir pengajaran misalnya pada akhir semester atau kenaikan jilid. Evaluasi diagnostik dilakukan kapan saja ketika pelajaran berlangsung baik diawal maupun di akhir pelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: DIROSATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 14 Sep 2017 03:20
Last Modified: 14 Sep 2017 03:20
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item