Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) dan numbered head together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada konsep bangun ruang sisi datar

Hilwah, Bintana Alin and Farihah, Umi (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) dan numbered head together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada konsep bangun ruang sisi datar. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Agustus 2019, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img] Text
Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) dan numbered head together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada konsep bangun ruang sisi datar.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dan NHT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada Konsep Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 1 Tamanan tahun pelajaran 2018/2019. Model pembelajaran GI dan NHT merupakan model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa ke dalam kelompok dengan nomor kepala yang berbeda untuk melakukan investigasi terhadap suaatu topik. Metode penelitian yang digunakan adalah true-experimental dengan rancangan penelitian design two group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes, pretest untuk mengukur kemampuan awal dan posttest digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-test dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas.

Item Type: Conference Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran GI dan NHT; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 14 Sep 2019 14:32
Last Modified: 14 Sep 2019 14:32
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item