PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL AL FATAH KASIAN SERUT PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Arifiana, Arik (2019) PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL AL FATAH KASIAN SERUT PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
arik_ARIFIANA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan daya cipta, kecerdasan bahasa, emosi, kecerdasan jamak dan kecerdasan spiritual (agama). Kemampuan bahasa reseptif anak ditunjukkan dengan perilaku yang; menjawab dengan tepat ketika ditanya, merespon dengan tepat saat mendengar cerita atu buku yang dibacakan guru, melakukan sesuai yang diminta, menceritakan kembali apa sudah didengarnya. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 butir 14 Pendidikan Anak Usia Dini sebagai suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah penggunaan metode bercerita dalam mengembangkan bahasa reseptif (menyimak dan membaca) di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode bercerita dalam mengembangkan bahasa reseptif (menyimak dan membaa) di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Menganalisis kemampuan bahasa reseptif (menyimak dan membaca ) anak usia dini melalui metode bercerita di Raudhatul Athfal Al Fattak Kasian, Serut, Panti, Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan bahasa reseptif (menyimak dan membaca) anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasihan, Serut, Panti, Jember dapat ditingkatkan melalui metode bercerita. Langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif (menyimak dan membaca) anak usia dini meliputi; (1) kegiatan bercerita lebih difokuskan pada keterlibatan yang interaktif atau guru mengajak anak untuk aktif dalam kegiatan bercerita (2) mengulas cerita dengan kata-kata jelas dan menarik (3) menyiapkan materi cerita yang lebih menarik, sehingga anak lebih tetarik. (4) mengulang kata atau kalimat yang membuat anak tidak mengerti. (5) mengkomunikasi tujuan dan tema pembelajaran yang akan diceritakan (6) anak yang belum dapat duduk dengan tenang dipindah didekat guru (7) mengulangulang huruf pada suatu kata atau kalimat yang ada didalam cerita tersebut (8) selalu membimbing anak dengan sabar dan iklas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan IAIN Jember
Date Deposited: 22 Jun 2020 08:06
Last Modified: 22 Jun 2020 08:06
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item