POLA INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PESERTA DIDIK SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MARGOMULYO KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MUCH FACHRUR ROZIE, 084101264 (2016) POLA INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PESERTA DIDIK SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MARGOMULYO KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1. oke.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2. oke.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3. oke.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4. oke.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5. oke.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Much Fachrur Rozie, 2016: Pola Interaksi Guru PAI dan Peserta Didik Sebagai Proses Peningkatan Kedisiplinan Siswa di SDN 2 Margomulyo Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016. Interaksi guru PAI dan peserta didik dengan peningkatan kedisiplinan adalah sangat erat sekali, karena dalam kesehariannya guru PAI adalah sebagai pengganti orang tua disekolah. Guru PAI disekolah sebagai panutan baik secara tingkah laku ataupun perbuatan. Peran seorang guru PAI sangat menentukan dalam perkembangan kedisiplinan siswa. Sehingga dibutukan komitmen, keseriusan serta keprofesionalan dalam menangani ini semua. Dalam hal ini terdapat sekolah yang sangat peduli dalam memperhatikan kedisiplinan siswanya yaitu SDN 2 Margomulyo Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Fokus masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah (1) Bagaimana interaksi guru PAI dan peserta didik dalam rangka peningkatan kedisiplinan pada kebiasaan positif siswa di SDN 2 Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana interaksi guru PAI dan peserta didik dalam rangka peningkatan kedisiplinan untuk menghindari hal-hal negatif pada siswa di SDN 2 Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan interaksi guru PAI dan peserta didik dalam proses peningkatan kedisiplinan pada kebiasaan positif siswa, dan peningkatan kedisiplinan untuk menghindari hal-hal negatif pada siswa di SDN 2 Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016. Agar memperoleh data yang akurat yang berkenaan dengan fokus penelitian diatas, maka dilakukan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah SDN 2 Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian menerapkan purposive sampling dalam menetapkan informan. Teknik pengumpulan data melaui interview, dokumentasi dan observasi. Analisa data dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data agar memperoleh data yang benar menggunakan ketekunan/keajekan pengamatan dan triangulasi metode. Tahap-tahap penelitian meliputi: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisa data dan tahap pengerjaan penulisan laporan. Interaksi guru PAI dan peserta didik dalam rangka peningkatan kedisiplinan di SDN 2 Margomulyo meliputi peningkatan kedisiplinan belajar siswa, diwujudkan melalui: budaya membaca dan pembiasaan membawa buku diwaktu senggang, adanya buku penghubung antara sekolah dan orang tua, pembelajaran menyenangkan melalui laboratorium alam, motivasi kepala sekolah dan guru PAI menjadikan siswa semangat dalam belajar serta komitmen dan kesadaran untuk maju pada semua guru. Peningkatan kedisiplinan pada kebiasaan positif siswa diwujudkan melalui pembiasaan keagamaan, buku kendali ibadah, dan teladan yang positif pada guru. Peningkatan kedisiplinan untuk menghindari hal-hal negatif pada siswa diwujudkan melalui: penyuluhan sejak dini kepada siswa, Interaksi guru PAI dengan menjalin keakraban dengan siswa, sehingga dapat memantau prilaku siswa, Memberikan famflet bahaya rokok, narkoba dan lain-lain ditempat-tempat yang mudah dibaca siswa

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: POLA INTERAKSI, KEDISIPLINAN
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:22
Last Modified: 19 Sep 2017 02:22
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item