PERANAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN KECERDASAN SISWA SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MUHAMMAD NURFADLI, 084111282 (2015) PERANAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN KECERDASAN SISWA SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Muhammad NurFadli, 2016 :Peranan Membaca Al-Qur’an Dalam Peningkatan Kecerdasan Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran2015/2016. Pendidikan merupakan suatu sistem yang mempunyai peranan penting dalam membangun kecerdasan atau pengembangan kepribadian manusia, baik jasmani maupun rohani. Salah satu caranya adalah dengan pembiasaan pembacaan Al-Qur‟an. Dengan membaca Al-Qur‟an pikiran akan tenang sehingga mudah untuk memahami Pelajaran. SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember telah menjadika nmembaca Al-Qur‟an sebagai rutinitas yang dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan harapan kegiatan tersebut akan meningkatkan kecerdasan siswa baik intelektual, emosional, maupun spiritual. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peranan membaca Al-Qur‟an dalam peningkatan kecerdasan intelektual siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana peranan membaca Al-Qur‟an dalam peningkatan kecerdasan emosional siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah? 3) Bagaimana peranan membaca Al-Qur‟an dalam peningkatan kecerdasan spiritual siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan peranan membaca Al-Qur‟an dalam peningkatan kecerdasan intelektualsiswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun Pelajaran 2015/2016, 2) Untuk mendeskripsikan peranan membaca Al-Qur‟an dalam peningkatan kecerdasan emosional siswa SMA Unggulan BPPT DarusSholah, 3) Untuk mendeskripsikan peranan membaca Al-Qur‟an dalam peningkatan kecerdasan spiritual siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah. Pendekatan penelitian kualitatif, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode, serta analisa datanya adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Peranan Membaca Al-Qur‟an dalam Peningkatan Kecerdasan Siswa SMA Ungulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu siswa selalu suci dari hadats, tidak mudah lupa,tambah lancar membaca A-Qur‟an, dan mudah menyerap materi pelajaran. 2. Peranan Membaca Al-Qur‟an dalam Peningkatan Kecerdasan Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah yaitu memperbaiki sikap keseharian siswa, sabar dalam mengikuti pembiasaan membaca Al-Qur‟an, sabar dalam mengikuti pembelajaran, dan menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya ilmu pengetahuan. 3. Peranan Membaca Al-Qur‟an dalam Peningkatan Kecerdasan Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah yaitu semakin tenang, sadar akan kebesaran Allah dan pentingnya ilmu pengetahuan, dan semakin bertaqwa dengan ditandai semakin rajin dalam menjalankan perintah Allah berupa menuntut ilmu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA AL-QUR’AN
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: admin Masrur Rizqon
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:44
Last Modified: 19 Sep 2017 02:44
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item