IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB TA’LIM MUTA`ALLIM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN 2015/2016

MUHAMMAD SAIDI, 084114019 (2016) IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB TA’LIM MUTA`ALLIM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN KEPUSTAKAAN.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV PENAYAJIAN DATA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN MATRIK.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Muhammad Saidi. Implementasi kajian kitab Ta’lim Muta`allim dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren Miftahul Ulum suren Ledokombo Jember tahun 2015/2016 (Studi kasus di PP. Miftahul Ulum Suren). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Program Studi pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Jember. Drs. Sarwan, M.Pd Manusia selalu bernaluri untuk melakukan perubahan,maka sejak itu timbul gagasan untuk melakukan pengalihan, pelestarian dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan.Pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan kehidupan generasi ke generasi. Krisis terbesar didunia saat ini adalah krisis keteladanan atau uswah, Pendidikan dan pengajaran merupakan pandangan filosofi klasik yang menjadi wacana publik para ahli pendidikan. Sehingga peran ulama dalam hal ini sangat dibutuhkan dalam mengatasi krisis pendidikan yang terjadi di Indonesia, karena ulama juga memiliki sebuah tanggung jawab yang sangat vital dalam mensejahterakan masyarakat melalui pendidikan yang dikelola dalam bentuk proses belajar-mengajar. kitab Ta’lim Muta`allim yang memiliki porsi sebagai refrensi bagi seorang pendidik dan perserta didik tidak lepas dari pemikiran beberapa tokoh yang juga ikut andil dalam terlaksananya keefektifan dalam proses pembelajaran, Dari deskripsi diatas melahirkan suatu inspirasi bagi peneliti untuk mengkontekstualkan dengan dunia realitas, sebagai konfigurasi dari bentuk konstektualisasi ideal. Maka dengan hal ini peneliti menentukan pilihan yakni pondok pesantren Miftahul Ulum Suren sebagai representasi dalam ruang kajian penelitian ini.peneliti tertarik untuk mengkaji lebih mendalam tentang implementasi kajian kitab Ta’lim Muta’allim di pondok pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016. Fokus penelitian ini antara lain : 1. untuk mengetahui implementasi kajian kitab Ta’limul Muta`allim dalam membentuk akhlak santri kepada Allah SWT ,Ustadz dan sesama santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren Ledokombo Jember Tahun 2015/2016. Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskreptif. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview dan dokumenter. Sementara metode analisis data menggunakan Reduksi, penyajian (display), serta Penarikan Kesimpulan (verifikasi). Penentuan sampel dalam penelitian ini, penelitian purposive sampling dan untuk mengukur validasi data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan,1. Implementasi Kajian Kitab Ta’limul Muta`allim Dalam Membentuk Akhlak Santri kepada Allah SWT di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren Ledokombo Jember Tahun 2015/2016 santri tidak pernah meninggalkan shalat lima waktu, Bahkan melaksanakannya dengan berjama’ah ,melaksanakan shalat sunnah seperti, shalat dhuha bersama-sama sebelum berangkat ke sekolah, shalat tahajjud, berdzikir, tahlil, burdah., berdo’a ketika hendak belajar , sabar dalam menjalani kehidupan yang serba sederhana dan terbatas, tidak bebas seperti kalanya anak yang berada diluar kawasan pesantren, sabar jauh dari orangtua dan lain-lain. Suka - duka dituangkan bersama di pondok pesantren. 2. Implementasi Kajian Kitab Ta’limul Muta`allim Dalam Membentuk Akhlak Santri kepada Ustadz (guru)di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren Ledokombo Jember Tahun 2015/2016, santri ponpes MIFUL sopan terhadap gurunya, tidak berjalan di depannya, tidak duduk di tempat duduknya, tidak memulai percakapan dengannya kecuali seizinnya, tawaddhu’, ta’at dan hormat berdiri ketika gurunya sedang lewat sebagai bentuk penghormatan dan sebagai sifat ta’dhim. Ada juga yang bersikap kritis tapi tetap sopan. dan lain-lain., dalam hubungan-nya pun mereka mampu membedakan antar teman dan guru. Mereka menjiwai dan berusaha mengamalkan pesan-pesan moral yang terdapat dalam kitab ta’lim muta’allim. 3. Implementasi Kajian Kitab Ta’limul Muta`allim Dalam Membentuk Akhlak Santri kepada sesama santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren Ledokombo Jember Tahun 2015/2016, membuka diri untuk mengenal dan dikenal orang lain, mengucapkan selamat, memberi hadiah, tolong-menolong, sikap ramah, hormat, saling menghargai, ketika ada temannya yang sakit, seorang santri akan memberikan kasih sayang yang lebih terhadap temannya tersebut, seperti dibelikan makanan dikerokin dan lain sebagainya. Menyantuni dan membantu temannya yang susah. Hubungan-nya tetap baik walaupun terkadang terjadi ketidak harmonisan hubungan karena suatu luapan emosi yang memuncak, karena hal tersebut terjadi dalam waktu yang singkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KITAB TA’LIM MUTA`ALLIM
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: admin Masrur Rizqon
Date Deposited: 20 Sep 2017 00:28
Last Modified: 20 Sep 2017 00:28
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item