PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQUR’AN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI I GLAGAH WERO KECAMATAN KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rohmanuadi Al Herman Tetuko, 084116013 (2015) PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQUR’AN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI I GLAGAH WERO KECAMATAN KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL DST.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Rohmanuadi Al Herman Tetuko, 2015. Penerapan Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero Kecamatan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Pentingnya kebututuhan membaca al-Qur’an, banyak pegiat da’wah yang berusaha mencari cara yang mudah untuk mengajarkan cara belajar membaca alQur’an dengan cepat dan mudah. Akhir-akhir ini banyak bermunculan lembaga pendidikan yang menitik beratkan pada aspek pembelajaran baca tulis al-Qur’an dengan menggunakan berbagai metode baca tulis yang diciptakan agar santri/peserta didik dapat memahami dan dapat menguasai materi dengan mudah. Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana Penerapan Metode Iqro” Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur”an Siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero kecamatan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ? sedangkan sub fokus penelitian adalah 1) Bagaimana penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf sesuai mahrojul huruf dan 2) Bagaimana penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an sesuai kaidah tajwid siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero kecamatan Kalisat Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca al Qur’an, sedangkan tujuan khusus 1. Untuk mendeskripsikan kemampuan melafalkan huruf sesuai mahrojul huruf hijaiyah. 2. Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca al Qur’an sesuai kaidah tajwid siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero kecamatan Kalisat Jember tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, dokumentasi, wawancara. Analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data akan diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian dapat disimpulkan : 1. Penerapan Metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca al Qur”an adalah melalui Ath Thoriqah bil Muhaakah, Ath Thoriqah bil Musyaafahah, Ath-Thoriqoh Bil Kalaamish Shoriih, Ath thoriqah bis Sual Limaqoo Shidit Ta’limi. 2.a.Penerapap metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf sesuai mahrojul huruf hijaiyah dengan Ath Thoriqah bil Musyaafahah, Ath-Thoriqoh Bil Kalaamish Shoriih. 2.b. Penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sesuai kaidah tajwid dengan cara Ath Thoriqah bil Muhaakah, yaitu ustadz/ustadzah memberikan contoh bacaan yang benar dan santri menirukannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IQRO
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: admin Masrur Rizqon
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:33
Last Modified: 20 Sep 2017 03:33
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item