IMPLEMENTASI METODE DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ROSIFUL AQLI, 084 114 022 (2016) IMPLEMENTASI METODE DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Rosiful Aqli, 2016. Implementasi metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ al-Falah Wuluhan Jember tahun pelajaran 2014/2015. Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW menganjurkan pengajaran AlQur’an dimulai sejak masa kanak-kanak karena pada masa itu terkandung potensi belajar yang sangat kuat dan besar. Untuk memudahkan anak membaca Al-Qur’an dengan baik (lancar, cepat, tepat dan benar) perlu menggunakan metode dan srategi tertentu. Banyak metode yang dibuat oleh para ahli pendidikan Islam, salah satunya adalah metode dirosati, metode ini memiliki keunggulan yaitu ditambahkannya materi-materi pendidikan Islam lain yang mendukung pengajaran baca Al-Qur’an seperti belajar menulis, hafalan do’a-do’a harian, ibadah, bahasa arab dan materi Islam lainnya. Dengan materi utama yaitu baca Al-Qur’an beserta kaidah ilmu tajwid. Salah satu lembaga pendidikan Al-Qur’an yang juga mengembangkan metode dirosati ini adalah TPQ al-Falah Wuluhan Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an dengan fasih di TPQ al-Falah Wuluhan Jember? 2) Bagaimana implementasi metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an dengan tartil di TPQ al-Falah Wuluhan Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang implementasi metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan fasih serta mendiskripsikan tentang implementasi metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel diantaranya ialah ketua Yayasan, ustadz-ustadzah dan santri. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model siklus interaktif, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan fasih tersebut ada beberapa komponen yang diterapkan di TPQ al-Falah di antaranya Keterampilan membaca huruf hijaiyah sesuai dengan makhorijul huruf, shifatul huruf dan tajwid yang dikemas dengan metode dirosati yang sudah di sesuaikan dengan kondisi santri/santriwati di TPQ al-Falah. 2) Dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan tartil tersebut ada dua komponen yang diterapkan di TPQ al-Falah yaitu al maddu wal qoshru dan al waqfu wal ibtida’ yang dikemas dengan metode dirosati yang sudah disesuaikan dengan kondisi santri/santriwati di TPQ al-Falah

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: DIROSATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:40
Last Modified: 20 Sep 2017 03:40
URI: http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item